Thursday, March 23, 2006

Ngurus Ijin kerja

Di spore, setiap pindah perusahaan kita harus mengurus ijin kerja baru, kecuali kalo sudah menjadi permanent resident.
So, karena saya baru pindah kerja, maka ijin kerja saya harus diperbarui. Dari perusahaan yang baru saya diberi surat yang menunjukkan ijin kerja saya sudah jadi dan tinggal diambil. Selama ini, karena kerja di perusahaan agent tenaga kerja, semua dokumen saya sudah diurus dan saya tidak pernah berurusan dng pemerintah. So, ini pertama kali saya berhubungan dng depnaker singapore.
Ministry of Manpower sering disingkat MOM, letaknya di clarke quay, deket dng chinatown. Sampe disana jam 11.45, tadinya bingung harus kemana, trus ngeliat papan petunjuk, tnyt tinggal ambil kartu antrian yang sudah dikelompokkan masing2 antrian untuk keperluan tertentu. Saya ambil antrian U. Naek ke lantai 2, trus nunggu sampe nomer kita muncul di papan petunjuk. Model antrian spt Bank2 besar di jakarta.

Nyaman tempatnya, jauh dari kesan kantor pemerintah negara tempat saya berasal (mohon maaf, demi menjaga patriotisme, nama negara tidak disebutkan..hihihihi).

Satu jam kemudian dipanggil (lama yach), serahkan semua dokumen yang diperlukan, kemudian dinomor antrian saya ditulis 3.30, menunjukkan saya harus kembali lagi jam 3.30 dng mengambil nomer antrian H utk bayar dan ambil kartu ijin kerja dan pasport.
Kemudian makan, dan selesai makan lihat ada masjid yang dekat, sholat dhuhur, selesai jam 2 siang. Wah, masih satu setengah jam lagi. Keliling2 chinatown, bosen balek lagi ke MOM masih jam 14.30.

Bisa gak kalo saya ambil sekarang.. timbul pikiran iseng mo coba efektifitas pemerintah spore..hihihi...

So, saya ambil kartu antrian H, dan tnyt nomer saya sudah langsung dipanggil, ke loket yang ditunjuk, trus... wah.. orang depan saya lagi diomelin si aunti penjaga loket soalnya datang terlalu cepat.. mati aku.. saya liat nomer antrian U beliau, tnyt sekitat 100 nomer stl saya, berarti kira2 jam 4.30 dia harusnya baru bisa ambil. Tadinya mo balek aja, daripada dimarahin si aunti, tnyt si aunti panggil saya, trus liat nomer antrian U saya, dia cuma bilang "Your document is not ready.. tunggu sebentar nanti saya panggil nomer antrian H kamu". oo.. selamet2.. gpp deh tunggu 1 jam lagi, berarti emang harusnya 3.30 baru datang.
Duduk sebentar, baru 5 menit dipanggil lagi sama si aunti, dokument saya sudah jadi, bayar disitu pake ATM, trus passport dan ijin kerja diserahkan.
Wah, tnyt pemerintah singapore emang cepet kerjanya... harusnya jam 3.30, tnyt jam 2.45 sudah jadi.

Pesan moral : datang satu jam lebih awal dari yang MOM suruh, kali2 anda lagi beruntung ..hihihihi

1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Ehehhe, iya, gue salut ma staff MOM, very helpfull, and juga friendly.

gak neko2, yang penting syarat lengkap, jadi deh...

selamat atas pekerjaan baru nya ya Om, Ganbate, matur nuwun...

7:52 PM  

Post a Comment

<< Home