Saturday, January 14, 2006

Living with Singaporean

Di singapura, orang pada umumnya tinggal di HDB. Kalo diindo mungkin semacam rumah susun tapi jauh lebih bagus. Kita bisa menyewa satu unit, yang biasanya terdiri lebih dari 2 kamar, ato sewa 1 kamar. Selama ini saya selalu menyewa satu kamar, lumayan ngirit, cuma, tinggal sama orang lain ada suka duka. Saya sudah berpindah 3 kali selama tinggal hampir setahun disini.
Yang pertama, tinggal sama Indian couple.
wah, india, bau gak ?
Gitu biasanya pertanyaan orang kesaya. Memang tinggal sama india, bisa melatih urat2 syaraf sekitar hidung kita. Terutama masakan mereka. Gak tau kenapa, bau masakannya itu sangat menyengat. Well, tapi saya gak terlalu mempersoalkan, toh, saya lebih banyak tinggal dikamar. Disini saya diharuskan membersihkan kamar mandi 2 minggu sekali. Gak kayak jkt, kalo kos, ya udah gak perlu bersih2, tinggal suruh pembantu. Juga tidak diijinkan memakai peralatan audio-video mereka. Jadi kadang bosen juga, sudah gitu mereka sering nyetel lagu dan film india keras2. Jadi kadang2 kepala pingin goyang2 juga... hihih... tapi mash bisa ditolelir, sampe akhirnya, mesin cuci dan water heater rusak. Wah ini sudah tidak bisa ditolelir, masak harus mandi air dingin dan cuci pake tangan. Akhirnya saya putuskan pindah.
Setelah cari sana-sini, akhirnya bisa nyewa kamar dng seorang bapak chinese-singaporean. Orangnya baik, saya panggil dia dng uncle, bisa bahasa malay sedikit2. Pertama kali saya datang, ditanya punya tv gak, stl tau saya gak punya, dikasih tv sama dia dan ditaruh di kamar. Kemudian, biaya per bulannya jauh lebih murah. Enak tinggal disini, sampai akhirnya ada musibah dan si uncle masuk rumah sakit sampe akhirnya meninggal. Setelah itu dipegang sama anaknya, tapi dia gak mau tinggal disini. Akhirnya kita janjian dng tenant yang lain utk bersih2 dan urunan bayar listrik dan air. Wah, ini yang susah, ada yang suka bersih2 ada yang gak, ada yang pake listriknya gila2an, shg akhirnya saya putuskan pindah dan kebetulan saya juga mo ambil libur panjang.
Yang terakhir dan skr saya tempati, sebuah keluarga chinese-singaporean, dng satu anak. Orangnya baik2, saya dijinkan pake TV dan DVD mereka, meski sampe skr jarang pake, karena sudah ada internet. Terkadang mereka kasih saya minuman ato makanan. Tentu sudah saya bilang saya tidak minum alkohol dan makan babi. Dan pas kebetulan mereka juga vegetarian. Disini tadinya saya tidak diwajibkan bersihkan kamar mandi, namun setelah ada tenant baru, mereka mewajibkan saya bersihkan kamar mandi, 1 kali sebulan. Mereka pny satu anak, yang menderita autisme. Bagi yang suka ketenangan, dianjurkan kalo mo cari kos, perhatikan ada anak kecilnya gak, karena kalo ada anak kecil, rame sekali. Cuma ada enaknya juga, kalo lagi suntuk, ngelihat polahnya si anak ini jadi kadang terhibur. Kapan-kapan saya posting beberapa ulah si anak ini.
Bagaimana carinya ?
Beda dng dijkt, yang biasanya secara random kita tanya setiap rumah ato warung, ada ato tidak kos sekitar situ, disini ada dua cara. Pertama cari dikoran, yang kebanyakan adalah agent rumah. Kalo lewat agent, ada fee untuk agent yang biasanya feenya 1/2 dari harga sewa per-bulan. Trus, biasanya kalo lewat agent ada minimal tinggalnya. Yang kedua, cari dari posting2 yang ada di supermarket, ato yang ditempel2 di tempat2 umum, seperti tembok, tiang lampu merah, dsb. Biasanya yang seperti ini, kita bisa langsung berhubungan dengan ownernya dan gak perlu fee agent. Disini mereka bener2 selektif nerima orang luar. Kebanyakan sih mereka cari yang masih satu suku-bangsa.
Trus, kalo nyewa kamar biasanya kita tidak diperbolehkan masak, kecuali utk yang ringan2 kayak indomie dan sayuran rebus. Jadi yang suka masak, mending sewa satu unit bareng2 sama teman. Tapi utk yang maunya ngirit, mending sewa satu kamar. kayak saya :)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home