Thursday, December 15, 2005

Tentang Nama

"What is the meaning of kurniawan ? "
Itu pertanyaan ibu kost waktu nulis nama saya di kwitansi pembayaran.
"ehh..... ", sambil berpikir keras.. kira2 padanan bhs inggrisnya apa yach, "i think artinya itu kalo dibhs inggris 'blessed' , bu"
(stl liat kamus tnyt artinya "gift from GOD".. nyerempet dikit lah)
"oo.. ic.. kalo 'dody' ?"
"koyok-e kalo ini gak ada artinya deh... yah, nama dari bhs inggris lah"
"ooo..ic... soalnya baru kali ini saya tau ada nama 'dody' tapi orang melayu"
baguslah, berarti saya orang melayu modern dung (sombong nya:) )

omong2 masalah nama, dulu waktu kecil kadang ibu memanggil saya dng "blendik bodong". Blendik dari plesetan dodik...dik...blendik.. kalo bodong dari bhs jawa artinya ndablek, nakal. Gara2nya waktu kecil saya termasuk anak yang suka ngengkel. Kalo disuruh apa2, ngajak debat dulu. Bodong juga berarti menunjuk kebentuk pusar(udel, dalam bhs jawa). Pernah, waktu disebut "blendik bodong", saya langsung liat puser saya, trus bilang "lho udelku gak bodong kok, ini nih yang bodong" sambil menunjuk ke adik saya yang emang udelnya bodong.

Oh ya, waktu kecil saya diajarin menulis nama dng double "d".. jadi "doddy". Sewaktu mau ujian ebtanas SD, bu guru saya heran, kok diakte kelahiran tulisannya "dody". Ditanyakan ke ortu, tnyt baru sadar kalo petugas penulis akte waktu itu salah tulis nama, akhirnya jadilah sampai sekarang satu "d" hilang. Lumayan, bisa ngirit satu huruf.

Ingat serial TV "rumah masa depan" ?.
Nah, katanya waktu SD, wajah saya mirip pemeran sangaji. Jadi temen-temen di SD ada yang memanggil saya dng sebutan "sangaji". Dan ini berlanjut sampai smp. Sampai skr, kalo ketemu temen sd ato smp, ada beberapa yang masih panggil saya dng "ji.. sangaji".
gpp, berarti waktu kecil emang sudah keliatan pinter yach... :)

Sewaktu SMA, gak ada julukan khusus, tapi waktu komik silat "tapak sakti" lagi heboh2nya jaman sma, ada beberapa temen yang menjuluki saya dng salah satu nama tokohnya, yaitu "balung perkasa". Tapi julukan ini gak terlalu populer, cuma beberapa penggemar tapak sakti yang tahu, dan mungkin juga kalo dipikir2 kurang pas gitu... "balung" nya sudah bener, tapi "perkasa"-nya masih dipertanyakan... hahahaha...

2 Comments:

Blogger bulan said...

eh ada yg kurang lho, waktu kuliah dulu kan ada yg manggil kamu "dodol" hehehe... inget ga ?

nah kalo dodol aku tau artinya .. :p

6:47 PM  
Blogger dils said...

oh iya, kan namamu ada di soundtrack lagunya "Sound of Music".

Gini nih..
"Doooo.. dy... a female deer,
ray, a drop of golden sun,
me, a name I call myself,
fa, a long - long way to run,
sow, a needle pulling thread,
la, a note to follow sol,
ti, a drink with jam and bread,
that would bring us back to do do do do... do... dy..."
wekekkee...

7:06 PM  

Post a Comment

<< Home