Wednesday, September 07, 2005

Lantern Festival

Keturunan cina merupakan suku bangsa paling banyak yang ada disingapura. Selama disini, banyak sekali budaya - budaya cina yang baru saya ketahui.
Salah satu budaya cina yang baru saya tahu adalah lantern festival. Selasa malam, saya dan beberapa teman pergi ke chinese garden. Disini sedang ada perayaan lantern festival. Ketika masuk, kita disambut oleh deretan lentera yang di pasang di atas jembatan. Cukup bagus. liat aja fotonya :). Didalam garden, diisi banyak patung yang dikasih lampu, dan dikumpulkan dalam theme tertentu, misalnya, patung carnivora, cerita rakyat, merlion, dsb. Kemudian ada pagoda 7 tingkat, yang dihiasi oleh lentera-lentera berbentuk patung naga dari bawah sampai atas. Ditengah garden, disediakan masakan cina, sayang sekali, tidak berani mencoba, takut mengandung pork and lard :). Kita masuk jam setengah 8, keluar lagi jam 11 malam. Cukup melelahkan tapi mengasikkan.
Diindonesia, kayaknya cuma barongsai waktu perayaan chinese new year,budaya cina yang saya tahu, itupun baru marak setelah reformasi terjadi. Tidak tahu kenapa, budaya cina di indonesia itu seperti di"tabu"kan sebelumnya. Bahkan, keturunan cina seperti di"musuhi". Seperti ketika terjadi kerusuhan di jakarta.
Padahal, budaya cina yang sudah ada berabad-abad lamanya itu, pastilah banyak ilmu dan pengetahuan yang bisa didapat darinya.
Sebagai muslim, pasti sering mendengar pepatah arab yang menurut beberapa ahli bersumber dari hadist Nabi, "Tuntutlah Ilmu Sampai ke Negeri Cina", yang mengisyaratkan, bahwa dalam beberapa hal, peradaban cina sudah demikian maju.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home