Monday, August 29, 2005

journey of faith



Hari sabtu kemarin, berkunjung ke museum melihat pameran koleksi barang-barang Vatican. Cukup menarik…. banyak karya seni religius dari lukisan, ukir2an juga barang-barang peninggalan yang punya nilai historis bagi pengikut agama Kristen.
Ketika masuk ke ruangan, kita langsung bergabung dengan satu kelompok yang sudah ada pemandunya. Berawal dari lukisan-lukisan dan tulisan-tulisan yang menjelaskan sejarah kelahiran nabi Isa(Yesus) menurut versi agama Kristen, kemudian berlanjut ke saat – saat wafatnya beliau.
Bagi saya yang menganut agama islam, sudah cukup mengenal dua peristiwa besar bersejarah ini karena tertulis dalam
Al-Qur’an, meski cukup menarik untuk melihatnya dari sudut pandang agama Kristen.
Kemudian berlanjut dengan sejarah ketika agama Kristen sudah mulai diterima oleh kekaisaran romawi dengan kaisarnya konstantinopel. Ada pula barang-barang seni yang menceritakan tentang 4 orang pengikut setia nabi Isa(Yesus). Ada miniature dari bangunan st. Peter Basilica di roma. Bangunan yang cukup bagus dan masuk salah satu target tempat yang harus aku kunjungi :) .
Ada juga barang – barang yang digunakan oleh pope untuk kegiatan keagamaan seperti jubah, tongkat, kursi.
Diakhir bagian, ditaruh barang-barang seni yang berasal dari daerah asia, seperti cerita tentang holy-crab dari India, ada juga patung bunda maria versi orang Vietnam, dan beberapa barang seni lain dengan ciri khas asia.
Secara keseluruhan, ini adalah pameran yang cukup bagus, barang-barang yang dipamerkan cukup lengkap. Namun Sayang, tidak diperbolehkan mengambil foto didalam ruang pameran.

Al-Qur'an, Surat Maryam(19)