Tuesday, November 15, 2005

Berkunjung ke baitullah-bag2

wah, lama juga gak pegang komputer... niatan mau lanjutin cerita jadi terunda...
Dilanjutin.... Di mekkah, selain melakukan ibadah umroh 2 kali, kita berkunjung ke tempat2 yang bersejarah dan juga tempat kalo melakukan ibadah haji.
Tempat pertama, gua tsur, tapi disini, gak sampe liat guanya, cuma liat bukitnya. Digua ini nabi dng Abu bakar bersembunyi dari kejaran kafir mekkah, dan ditolong oleh ALLAH SWT, dng adanya laba2 yang membuat sarang di pintu gua sehingga mereka menyangka tidak ada orang didalam gua. Trus, ke padang arofah, tempat wukuf kalo kita melaksanakan ibadah haji. Di sini kita berhenti di jabal rahmah. Menurut beberapa sumber, dibukit ini tempat bertemunya Nabi adam dan Ibu Hawa setelah diturunkan ALLAH SWT kebumi. Karena itu bukit ini disebut "gunung kasih-sayang" ato jabal rahmah dalam bhs arab. ada peristiwa lucu, ada orang titip foto ke bapak untuk ditaruh disini, katanya bisa mempermudah dia mendapat jodoh...hihihih...ini gak ada tuntunan dari Nabi, jangan ditiru :). Trus, dari sini kita ke mina, mudzalifah, dan tempat melempar jumroh (tempat2 yang merupakan bagian dari ibadah haji). Sempat berkunjung sebentar ke bukit yang ada gua hiro, tempat nabi menerima wahyu pertama. Ternyata gua hiro ini jauh juga dari mekkah. Gak bisa bayangkan, gimana nabi setiap hari sebelum wahyu turun, bolak-balik mekkah-gua hiro, sudah begitu bukit ini lumayan tinggi.
Selama di mekkah, kita selalu buka di masjidil harom, meski di hotel sudah disediakan ta'jil. Disini kalo buka, ada plastik di gelar didepan shof, trus, ditaruh kurma, roti, teh, kacang arab yang jumlahnya lumayan banyak. Kenyang banget. sekitar 10 menit stl adhan maghrib, semua makanan sudah dibereskan dan kita sudah harus siap2 sholat maghrib.
Hari jum'at, kita kembali ke jeddah untuk menuju madinah pake pesawat. Sholat jum'at di masjid terapung di jeddah.
Dimadinah, tidak ada ibadah umroh, cuma disini ada tempat didalam masjid nabawi, antara mimbar dan makam Nabi, yang namanya raudoh. Menurut Nabi, disini adalah tempat dikabulkan doa. Dan juga disebut sebagai bagian surga yang diturunkan ke bumi.
Sebelah makam nabi, berjejer makam Abu bakar dan Makam Umar, 2 sahabat nabi yang juga 2 kholifah pertama. Disini sempet liat kejadian lucu, ada orang berdoa tapi menghadap makam nabi, sama askar(polisi arab) disuruh balik, dan dibilangin, kalo doa menghadap ka'bah bukan makam nabi :). Arab Saudi memang terkenal keras dalam hal yang berbau syirik (menyekutukan ALLAH). Bagi yang ingin berdoa disini, disarankan abis sholat subuh, karena biasanya masih sepi.
Dimadinah, sempet juga berkunjung ke masjid quba, masjid pertama di bangun di madinah. Trus, ke masjid kiblatain, yang artinya masjid dng dua kiblat, masjid yang terkenal karena disini pertama kali arah sholat dirubah dari masjidil aqso di palestina ke ka'bah di masjidil harom. Kemudian berkunjung ke jabal uhud. Tempat dimana perang uhud, perang yang harusnya dimenangkan orang pihak muslim, karena banyak orang tergiur oleh harta benda, menjadi perang yang memakan banyak korban di pihak muslim.
Trus, menyaksikan benteng khondaq, yang terkenal pada perang khondaq. menurut riwayat, nabi berdoa supaya perang ini berakhir tanpa pertempuran, dan akhirnya dikabulkan oleh ALLAH SWT, dng terpecah belahnya pihak kafir dan perang berakhir tanpa pertempuran. Disini terlihat, bahwa Nabi sendiri lebih mencintai perdamaian dari pada pertempuran.
Oh ya, bagi yang suka belanja, ternyata gak perlu bingung2, hampir semua pedagang disini bisa bahasa indo. Tadinya bingung juga, diajak bhs inggris mereka ngerti dikit, bhs arab, akunya yang ngerti dikit, setelah diajak bhs indo, malah nyambung :). Trus, disini banyak juga pengumuman2 dng bhs indo (bukan malay lho), bangga juga, ternyata bhs indo jadi bhs no-3 stl arab dan inggris untuk pengumuman2.
stl 3 hari dimadinah, kita kembali ke jeddah, keliling-keliling lagi kota jeddah kemudian kembali ke jakarta.