Tuesday, November 15, 2005

Berkunjung ke baitullah-bag2

wah, lama juga gak pegang komputer... niatan mau lanjutin cerita jadi terunda...
Dilanjutin.... Di mekkah, selain melakukan ibadah umroh 2 kali, kita berkunjung ke tempat2 yang bersejarah dan juga tempat kalo melakukan ibadah haji.
Tempat pertama, gua tsur, tapi disini, gak sampe liat guanya, cuma liat bukitnya. Digua ini nabi dng Abu bakar bersembunyi dari kejaran kafir mekkah, dan ditolong oleh ALLAH SWT, dng adanya laba2 yang membuat sarang di pintu gua sehingga mereka menyangka tidak ada orang didalam gua. Trus, ke padang arofah, tempat wukuf kalo kita melaksanakan ibadah haji. Di sini kita berhenti di jabal rahmah. Menurut beberapa sumber, dibukit ini tempat bertemunya Nabi adam dan Ibu Hawa setelah diturunkan ALLAH SWT kebumi. Karena itu bukit ini disebut "gunung kasih-sayang" ato jabal rahmah dalam bhs arab. ada peristiwa lucu, ada orang titip foto ke bapak untuk ditaruh disini, katanya bisa mempermudah dia mendapat jodoh...hihihih...ini gak ada tuntunan dari Nabi, jangan ditiru :). Trus, dari sini kita ke mina, mudzalifah, dan tempat melempar jumroh (tempat2 yang merupakan bagian dari ibadah haji). Sempat berkunjung sebentar ke bukit yang ada gua hiro, tempat nabi menerima wahyu pertama. Ternyata gua hiro ini jauh juga dari mekkah. Gak bisa bayangkan, gimana nabi setiap hari sebelum wahyu turun, bolak-balik mekkah-gua hiro, sudah begitu bukit ini lumayan tinggi.
Selama di mekkah, kita selalu buka di masjidil harom, meski di hotel sudah disediakan ta'jil. Disini kalo buka, ada plastik di gelar didepan shof, trus, ditaruh kurma, roti, teh, kacang arab yang jumlahnya lumayan banyak. Kenyang banget. sekitar 10 menit stl adhan maghrib, semua makanan sudah dibereskan dan kita sudah harus siap2 sholat maghrib.
Hari jum'at, kita kembali ke jeddah untuk menuju madinah pake pesawat. Sholat jum'at di masjid terapung di jeddah.
Dimadinah, tidak ada ibadah umroh, cuma disini ada tempat didalam masjid nabawi, antara mimbar dan makam Nabi, yang namanya raudoh. Menurut Nabi, disini adalah tempat dikabulkan doa. Dan juga disebut sebagai bagian surga yang diturunkan ke bumi.
Sebelah makam nabi, berjejer makam Abu bakar dan Makam Umar, 2 sahabat nabi yang juga 2 kholifah pertama. Disini sempet liat kejadian lucu, ada orang berdoa tapi menghadap makam nabi, sama askar(polisi arab) disuruh balik, dan dibilangin, kalo doa menghadap ka'bah bukan makam nabi :). Arab Saudi memang terkenal keras dalam hal yang berbau syirik (menyekutukan ALLAH). Bagi yang ingin berdoa disini, disarankan abis sholat subuh, karena biasanya masih sepi.
Dimadinah, sempet juga berkunjung ke masjid quba, masjid pertama di bangun di madinah. Trus, ke masjid kiblatain, yang artinya masjid dng dua kiblat, masjid yang terkenal karena disini pertama kali arah sholat dirubah dari masjidil aqso di palestina ke ka'bah di masjidil harom. Kemudian berkunjung ke jabal uhud. Tempat dimana perang uhud, perang yang harusnya dimenangkan orang pihak muslim, karena banyak orang tergiur oleh harta benda, menjadi perang yang memakan banyak korban di pihak muslim.
Trus, menyaksikan benteng khondaq, yang terkenal pada perang khondaq. menurut riwayat, nabi berdoa supaya perang ini berakhir tanpa pertempuran, dan akhirnya dikabulkan oleh ALLAH SWT, dng terpecah belahnya pihak kafir dan perang berakhir tanpa pertempuran. Disini terlihat, bahwa Nabi sendiri lebih mencintai perdamaian dari pada pertempuran.
Oh ya, bagi yang suka belanja, ternyata gak perlu bingung2, hampir semua pedagang disini bisa bahasa indo. Tadinya bingung juga, diajak bhs inggris mereka ngerti dikit, bhs arab, akunya yang ngerti dikit, setelah diajak bhs indo, malah nyambung :). Trus, disini banyak juga pengumuman2 dng bhs indo (bukan malay lho), bangga juga, ternyata bhs indo jadi bhs no-3 stl arab dan inggris untuk pengumuman2.
stl 3 hari dimadinah, kita kembali ke jeddah, keliling-keliling lagi kota jeddah kemudian kembali ke jakarta.

9 Comments:

Anonymous Helda said...

Coooollll...

Gue sebenernya pengen ngerasain berpetualang di timur tengah, kapan yaaahhh...

8:29 PM  
Blogger Zheng junxai5 said...

2015-10-12 zhengjx
Ralph Lauren UK Sale Polo Shirts
ugg boots
Up To 70% Off Air Retro Jordan 8s
coach factory outlet
Cheap Toms Shoes Outlet Sale Clearance
Louis Vuitton Handbags Factory Outlet
Michael Kors Outlet USA Store
Louis Vuitton Handbags Outlet Online
Air Jordan 4 Retro Free Shipping
coach outlet online
michael kors outlet
louis vuitton
Official Cheap Michael Kors Handbags Outlet
New Jordans Cheap For Sale
ralph lauren uk
tory burch outlet
ugg boots
ray-ban sunglasses
Michael Kors Outlet Stores Online
ugg boots
louis vuitton outlet
ugg boots
louis vuitton outlet
canada goose jackets
michael kors outlet
cheap uggs sale
toms shoes
canada goose jackets
uggs outlet
michael kors outlet

12:12 AM  
Anonymous Anonymous said...

2016-4-29 xiaozhengm
michael kors outlet online
cheap jordans
fitflops
celine handbags
louis vuitton handbags
basketball shoes
coach factory outlet
louis vuitton handbags
nfl jerseys
louis vuitton outlet
michael kors handbags
ralph lauren outlet
michael kors outlet
hollister outlet
oakley sunglasses
nike free run
beats wireless headphones
ray ban sunglasses
ray ban wayfarer
jordan 11s
kate spade
caoch outlet
gucci outlet
michael kors outlet
hollister
oakley outlet
louis vuitton outlet
oakley sunglasses
christian louboutin sale
michael kors handbags
coach factory outlet
replica watches
coach outlet online
true religion jeans
michael kors outlet
oakley sunglasses
hollister uk
oakley sunglasses
michael kors outlet
ray ban sunglasses

9:07 PM  
Blogger roba gad said...

http://www.prokr.net/2016/09/western-region-pest-control.html
http://www.prokr.net/2016/09/misc-regions-pest-control.html
http://www.prokr.net/2016/09/madinah-region-pest-control.html
http://www.prokr.net/2016/09/central-region-pest-control.html
http://www.prokr.net/2016/09/eastern-region-pest-control.html
http://www.prokr.net/2016/09/western-region-cleaning-companies.html
http://www.prokr.net/2016/09/misc-regions-cleaning-companies.html
http://www.prokr.net/2016/09/madinah-region-cleaning-companies.html
http://www.prokr.net/2016/09/central-region-cleaning-companies.html
http://www.prokr.net/2016/09/eastern-region-cleaning-companies.html

8:37 AM  
Blogger SEO PARTNERS said...

شركة مكافحة حشرات بالاحساء
من افضل الشركات التى توجد فى مجال المكافحة
و هذا بما لديها من الخبرة الطويلة فى مجال المكافحة و ان لديها المواد التى تستخدم فى المبيدات الحشرية
و التى تعمل على القضاء عليها نهائيا مع ضمان عدم عودتها مرة اخرى
لان فريق العمل لدينا مدرب على اعلى مستوى على التعامل مع كافة المبيدات الحشرية
و وضع كل نوع للحشرة التى يواجهها كما اننا قبل البدء فى العمل
نعمل عزيزى العميل ان نعطى لك الخطة التى سوف نقوم بالسير عليها واحدة تلو الاخرى
و هذا من شركة تنظيف بالاحساء
لاننا نبذل اقصى جهد فى ان تكون لدينا النظافة الشاملة و المتكاملة حتى لا نتسبب فى اى انزعاج لك عزيزى العميل
و لهذة الاسباب و اكثر عليك عزيزى العميل ان لا تتردد فى الاتصال بــ : شركة المثالية للتنظيف بالاحساء
فاننا سوف نضمن لك عزيزى العميل السرعة فى الانتهاء من اداء الخدمة و العمل على التواصل الدائم معك عزيزى العميل بعد اداء الخدمة
حتى نضمن عدم وجود اى مشاكل من الممكن ان تواجهك مرة اخرى و حتى تستطيع العيش بالهدوء اللازم
لكى تتمتع بالحياة التى تجعلك على قدر من النشاط لوجود الطاقة لديك
و كما اننا نعمل على تسليك المجارى الموجودة اذا كان هناك اى انسداد نها
و التاكد من ان المواسير و المجارى تعمل بشكل الصحيح من شركة تسليك مجارى بالاحساء
لذلك لا تتردد عزيزى العميل فى الاستعانة بنا و نحن سوف نقم بالازم و اكثر من اجل راحتك و راحة اسرتك كما ان لدينا افضل الاسعار و اقلها الموجودة فى الاسواق
و حتى تتناسب جميع خدماتنا مع جميع الفئات

4:17 AM  
Blogger roba. gad2 said...


http://www.prokr.net/2016/09/furniture-moving-company-khobar.html
http://www.prokr.net/2016/09/furniture-moving-company-mecca.html
http://www.prokr.net/2016/09/furniture-moving-company-dammam.html
http://www.prokr.net/2016/09/furniture-moving-company-jeddah.html


1:20 PM  
Blogger mohamed abo zaid said...

عملية تكميم المعدة

6:43 AM  
Blogger dalil elngela said...


نجيل صناعي

6:58 AM  
Anonymous Cara Mengobati Mata Merah Berlendir said...

Continue to Perbiki his blog to get a good blog !!

Pengobatan Penyakit Sinusitis
Pengobatan Varises dengan Bahan Alami
Obat Radang Dinding Rahim
Obat Penyakit Miom dan Kista
Obat Penyakit Sembelit
Cara Mengobati Penyakit Kencing Nanah

12:37 AM  

Post a Comment

<< Home