Thursday, December 14, 2006

Moh. Yunus dan Kemiskinan

Beberapa hari lalu, saya sempet lihat interview CNN dng Moh. Yunus, pemenang Nobel Perdamaian. Beliau adalah pendiri Garmen Bank di Bangladesh, bank yg khusus memberi kredit utk orang miskin. Selengkapnya mengenai beliau bisa dilihat disini : http://en.wikipedia.org/wiki/Muhammad_Yunus.

Ada beberapa poin yg diutarakan Pak yunus ini, yg paling mengena ke saya itu ketika beliau bilang bahwa kemiskinan tidak bisa diberantas dng sedekah (charity) tapi hanya dng membuat orang2 miskin itu punya kesempatan yg sama utk usaha. Beliau lebih suka memberi kredit usaha utk orang miskin daripada memberi utk pengemis. Pinjaman utk
modal usaha membuat orang mau bekerja, sementara sedekah, kata beliau,
sering buat orang malas utk bekerja.

Kemudian hal lain, beliau bilang para ibu dan kaum wanita dari kalangan miskin punya kemampuan mengatur keuangan jauh lebih baik dari Bapak-bapaknya. Mereka sudah terbiasa utk menerima sedikit dari suaminya, jadi ketika diberi kredit usaha, benar2 dimaanfaatkan semaksimal mungkin oleh mereka.

2 Comments:

Blogger Gita said...

Moh Yunus ya? dia orang yang inspiratif sekali.

Kemaren nemu buku bagus nih, Microcredit and Poverty Alleviation, membedah cara kerja LSM2 yg ngasi kredit ke orang kecil tanpa jaminan, macem Grameen Bank gitu.

Tapi sayangnya salah satu syarat mutlak berhasilnya microfinance adalah governance yang baik. Kapan Indo mau berhasil ngentasin kemiskinan kalo govtnya masi korup begitu

10:59 AM  
Blogger dalia alaa said...


http://www.prokr.net/2016/09/furniture-moving-company-al-hasa.html
http://www.prokr.net/2016/09/furniture-moving-company-jubail.html
http://www.prokr.net/2016/09/furniture-moving-company-khobar.html
http://www.prokr.net/2016/09/furniture-moving-company-dammam.html

6:54 PM  

Post a Comment

<< Home